Jumat, 30 Desember 2011

2011: un-erased scar (in my heart)

Masih ada yang mengganjal di Hati, walau memang kesempurnaan itu hanya milik Tuhan Yang Maha Esa tetap saja manusia harus berusaha sebaik mungkin. 

Do your best and let God do the rest.
Man Propose, God Dispose..

dua hari akhir KKN di mana saya mengecewakan semua orang.

Hari pertama: rencananya hari ini saya akan mengantarkan pacar saya (aga) ke Ratahan, kemudian pulang dan buka bersama perpisahan bersama keluarga KKN saya.
 Malam sebelumnya saya sudah menyewa mobil LGX walaupun aga meminta Xenia atau Avanza. Paginya saya telpon dan dia bilang, “Kalo tetep pake LGX mending gak usah jadi!”. Shit. Saya padahal udah nego sama yang punya dibantuin pak Ustad. Akhirnya saat itu juga saya mencari Avanza, alhamdulillah ketemu.
Pak yang punya mobil tanya, “mau dipake kemana?”
“ratahan pak”
“sampai jam berapa”
“jam 5 lah Pak” jawab saya
“boleh deh kalo gitu, soalnya jam setengah 7 mau dipake nganter orang sakit ke Manado”

Mobil saya bawa, di jalan saya mampir ke tempat saya pinjem LGX sebelumnya, bilang kalo gak jadi pinjem. Ibunya keliatan kecewa banget.. T.T (satu orang terkecewakan)
Kemudian jemput aga di pinggir pantai tempat dia nginep..
Akhirnya berangkat dengan diwali sedikit cek cok.. beuhh.. --“

Sampe ratahan, ketemu sodara, kangen-kangenan, cerita-cerita, pulang..

Nganterin aga dulu ke tempat KKN nya.. di sana ketemu temen yang abru dateng dari rumah hukum tua gila
“eh, pak hukum tua minta pesta perpisahanya diundur besok soalnya Ibu lagi ke Manado”
(padahal rencananya malam ini)
“hee?”
Padahal rencananya besok malam atau pagi besok lusa Unit KKN Check out ke Manado untuk wisata sebelum pulang.. sebenarnya saya sudah merencanakan untuk check out lusa pagi saja agar tidak terburu-buru..
Kemudian ada yang bilang,”eh re, kalo ke Bunaken harus nyeberang sebelum jam 9 biar ombaknya gak gede.”
Saya yang tidak ingin melewatkan kesempatan ke Bunaken, demi teman-teman juga pikir saya.. kalo berangkat  pagi juga gak bakal bisa jam 9 nyampe manado karena persiapan-persiapan yang banyak.
berarti kepulangan harus besok malam
“yaudah deh, kita nego dulu aja minta malem ini pestanya biar besok malem bisa langsung berangkat ke Manado.” (awal kekacauan yang saya timbulkan!!)

Akhirnya deal malem ini pesta di Radei, konsekuensinya:
Saya harus membantu tim yang di desa ini untuk mempersiapkan pestanya.. angkat sound system.. bolak balik ke balai desa pake mobil sampe jam 8 malem!!

Padahal saya tadi udah janji sama yang punya mobil balikin jam 5 dan juga buka bersama perpisahan keluarga KKN waktu maghrib. (2 orang lagi terkecewakan). (ternyata yang punya mobil juga mendatangi rumah keluarga kkn saya untuk meminta kejelasan mobil yang saya bawa) (combo buat keluarga saya!!) (temen temen kelompok saya di sana juga bingung nyariin saya.. eaaa..
Selain itu pasti ibu hukum tua di desa yang pesta juga kecewa karena pestanya malam ini waktu dia ke Menado..
Huff.. sialannn... jancookkk!!! Cookkk!!! Berantakan cookk!!! Gara gara keputusan kordinator goblogg!!
Mungkin Pak rental mobil, dan keluarga

Jauh hari sesudahnya baru saya sadari à Kalau semisal saya tidak buru-buru memutuskanberangkat besok malamnya dan tetap pagi2 saja, saya tidak perlu membantu persiapan pesta, sehingga tetap on time balikin mobil, bisa buka bareng keluarga(. Dan ternyata memang setelah kami di Manado kami berangkat nyebrang jam 11 ke Bunaken ) (jancok banget ikuu!! Lapo aku nuruti “kalau mau ke Bunaken harus sebelum jam 9”) asuuu!!! Rencanaku sing awal iku wes paling enak cok!! Lapo maneh tak ganti!! goblog aku ancen!!
lek ngomong misal, seharusnya, mestinya, jika saja.. ancen gak onok entek e.. diterimo ae lah rek..


Hari kedua

Jadwal hari ini: presentasi di depan pak camat tentang KKN kami kemudian berangkat ke Manado.. kira-kira jam 7-8 an malem lah kita berangkat..

Ternyata kondisi terburu-buru di hari sebelumnya berimbas ke hari ini..
Kelompok di desa saya ada yang mutung, gak mau berangkat malem itu.. maunya besok pagi..
Cuookkk.. arek arek ikii!! Susah banget manut e!! Gak ngrewangi kordinator e opo yo!! Gathel kon ancen!!
Katanya kalo pulang malem ini itu namanya kita gak sopan, pulang ijinya buru-buru.. gara-garanya ada yang bilang pulang sore-sore, terus maghrib, terus malem malem.. jadi males deh.. (nek iku  ancen salahku plin plan --“) shit!!

Mari presentasi nang kecamatan jam 4, kelompok ku omong-omongan tentang mulih e.. ono hukum tua ne barang melu ngomong ngomong iku hukum tua tawaang barat dan timur. Lapo masalh ngene kudu sampek bocor nang pejabat desa, gak pantes ikii!!

Yo wes lah.. hukum tua tawaang timur yo ngewangi gae mulih sesuk isuk e.. ak meneng wes.. telek!!
Hukum tua tawaang barat mpe ngenes ndelok keadaane kene sing semrawut ngene.. prihatiinn.. padahal di evaluasi kongkon kordinasi sing genah, internal maupun eksternal pas mau presentasi nang kecamatan.. =(

Akhir e mulih dewe-dewe, sing gelem bareng yo bareng sing sesuk yo sesuk.. asu!!
Nang ndalan nang menado ak diseneni ujub, di ece arek arek.. telek pitik!! Jare aku sing kormanit gak iso menyatukan unit e, parah e, kelompokq malah sing paling gathel atek mulih sesuk isuk! Jancokbangetikucookk!! Jancookk!!!

Rencana liburan nang bunaken bareng-bareng sneng-seneng malah dadi berantakan, isine uring-uringan, gak enak gak enakan..
preiane pisah-pisah ngono antara sing budal bengi akro sing budal isuk.. juancok!! Asu!!

Huff.. yo wes lah.. saiki dijupuk ae pelajarane..

 lek dadi pemimpin iku ojok mencla mencle, isuk dele sore tempe.. engkok rakyat e bingung, gak manut,  di kudeta koen, pemimpin goblog!!.. matek!!

Anyway, tetp ae sampek saiki aku sek gak enak mbe arek-arek kkn an.. sek nyesel.. opo maneh nilai gak metu-metu.. telek pitik!!
Pokok e akehlah sing berantakan pas kkn!!
Sing paling angel ancen nek jare 
JRX nang Land of no Angel“Learn to forgive and forget”..
 memaafkan diri sendiri dan melupakanya..

Pengen rasane aku mbalik nang minahasa, njauk sepuro nang pak hamid lan keluargane, karo tonggo teparo karo pak James.. mugo mugo dikei sepuro sing akeh yo rek..
ngkok lah nang kono e, saiki golek duwit disik ben iso budhal njauk sepuro

blog e koq dadi malang an ngene ngomong e.. hehehe...


akhirnya, ijinkanlah saya menyampaikan permohonan maaf saya pada:

1. agavani, atas ketidak mampuan saya memegang janji


2. Pak Hamid beserta keluarga dan tetangga-tetangga, atas kecerobohan saya dalam mengatur unit KKn sehingga terlambat datang buka bersama, dan juga atas ketidakmampuan memegang janji sehinga tidak datang buka bersama perpisahan di hari terakhir..


3. Pak Wolter Durant, atas ketidakmampuan kordinasi dalam kegiatan kkn khususnya di akhir akhir masa KKN


4. Adek-adek di TPA Masjid sebelah pondokan saya yang mana saya sudah berjanji mengajar ngaji namun kurang satu ahri karena saya keburu pulang.. (adrian, ujang, adeknya ujang (lupa namanya), amir, noval, dkk)


5. Sub Unit Tawaang Barat dan tawaang timur yang mana saya cukup merepotkan kalian dan kurang membantu, mengacaukan kegiatan kita (Yanti selaku Kormasit, Mas Dika, Mas Aga, Nurul, Anggun, Mimi, Icha)


6. Seluruh Unit 126 KKN PPM UGM Minahasa Selatan.. Aga, Icha, Winny, Agung, Yanti, Alex, Dawai, Hane, Hendro, Ben, Mas Dika, Mas Aga, Mas Zefri, Agung, Ucup, Mega, Risma, Beta, Naning, Nurul, Anggun, Mimi. atas kekurangan saya dalam mengordinasikan kalian dalam kegiatan KKN ini sehingga memberi akhir yang berantakan..


semoga di penghujung tahun ini, saya mendapat maaf dari semuanya.. dan memlai tahun 2012 dengan lembaran baru lagi..

hepi nu yeer..

Tidak ada komentar: